Menu
Uncategorized

Perluas Jangkauan Bisnis Melalui Bazaar

Beragam cara dilakukan pemilik bisnis untuk dapat memasarkan bisnisnya kepada masyarakat. Ada sebagian yang bingung untuk memasarkan produk usahanya padahal secara online juga sudah dilakukan dengan tujuan mendapatkan jangkauan yang lebih luas. Tenang, tarik nafas panjang, dan pikirkan bahwa banyak jalan menuju Roma, begitu juga dalam hal pemasaran bisnis, banyak sekali caranya.

Masyarakat tentu sudah tahu tentang pameran yang merupakan kegiatan menampilkan produk bisnis kepada khalayak ramai guna memperoleh jangkauan konsumen yang luas. Salah satu kegiatan pameran yang sering diadakan oleh pelaku bisnis adalah bazaar. Melalui bazaar pelaku bisnis dapat memperkenalkan produknya kepada masyarakat.

Untuk itu dalam mengikuti kegiatan bazaar ada beberapa hal yang penting untuk dipersiapkan, sebagai berikut :

  • Sediakan produk yanag akan diperkenalkan kepada masyarakat. Tampilkan produk terbaik dan harga yang sesuai dengan sasaran konsumen yang hadir pada kegiatan Hal ini penting untuk memastikan penawaran sudah sesuai dengan pasar.

Brand dari produk juga penting, karena pada stand akan terpasang nama sesuai brand produk. Brand diperlukan agar masyarakat mengetahui nama bisnis dan mengingatnya. Misalnya bisnis florist dengan nama Alnis, menggunakan nama brand-nya Alnis sebagai nama stand. Masyarakat akan mengingat Alnis itu stand bunga.

Tidak hanya untuk konsumen, sesama pelaku bisnis juga penting mengenal masing-masing brand. Makanya tidak jarang orang menyebut nama pemilik dengan brand-nya. Misalnya, Alnis Bunga.

  • Perlengkapan yang mendukung kegiatan. Misalnya meja atau rak yang mendukung tata letak produk. Selain itu design dan susun atau display semenarik mungkin. Hindari untuk asal pajang, karena mempengaruhi daya tarik orang untuk berkunjung dan akhirnya membeli. Lampu dan kabel roll panjang untuk pencahayaan, agar stand terang dan terlihat tampak bersih. Buat konsep stand yang unik, simple, attractive untuk menarik konsumen datang berkunjung dan mengetahui bisnis serta produk.
  • Membagikan brosur, katalog, kartu nama dan juga memasang Perlengkapan ini penting untuk sosialisasi atau memasarkan bisnis. Bagi konsumen yang buru-buru bisa membaca brosur atau katalog di rumah, kantor dan saat sedang lengang. Dengan membagikan kartu nama diharapkan konsumen menyimpan jika suatu waktu membutuhkan dan dapat menghubungi kembali dengan produk yang diminati. Standing Banner, ini untuk mencuri perhatian dari kejauhan dan memberikan informasi sekilas mengenai produk bisnis.

Biasanya para pelaku bisnis enggan untuk mengikuti pameran atau bazaar. Karena biaya yang dikeluarkan sangat tinggi dan jangkauan penjualan hanya konsumen sekitar pameran saja. Jika tujuannya hanya untuk berjualan, mungkin bisa dimengerti. Tetapi dalam bisnis tidak melulu tentang bagaimana menjual tetapi juga menjangkau konsumen yang lebih luas.

Bazaar tidak hanya bertujuan menjual produk bisnis tetapi juga memperkenalkan produk kepada konsumen yang datang dari berbagai tempat. Misalnya Bazaar di Kementerian Perdagangan, yang hadir pada saat bazaar berlangsung tidak hanya karyawan Kementerian Perdagangan, tetapi juga tamu dan masyarakat perkantoran sekitar, seperti pegawai PLN, Telkom, Hotel, dan lainnya.

Jika dirasa harga stand pada bazaar cukup mahal, maka bisa juga mencari bazaar yang tidak berbayar atau gratis. Baik dengan cara kerjasama atau menjadi binaan suatu lembaga dan program kegiatan pemerintah di bidang Usaha Kecil Menengah (UKM). Sebagai contoh, bazaar yang diselenggarakan biasanya gratis oleh pemerintah adalah untuk para UKM binaan, yaitu UKM yang telah mendaftar dan mengikuti rangkaian program kegiatan yang telah disusun dan diselenggarakan oleh pemerintah.

Untuk itu agar bisa mendapat kesempatan stand gratis pada acara bazaar, bisa daftar terlebih dahulu sebagai UKM berdasarkan wilayah tempat tinggal atau wilayah domisili usaha. Saat ini ada Program di setiap Kecamatan dari Pemerintah bernama Pengembangan Kewirausahaan Terpadu yang membina para pemilik usaha, mulai dari hulu hingga hilir pengembangan bisnis. Misalnya identitas domisili atau KTP adalah wilayah Tanah Abang, maka bisa mendaftar sebagai anggota UKM di Kecamatan Tanah Abang atau PKT Tanah Abang.

Salah satu kegiatan yang diselenggarakan adalah bazaar sebagai sarana para pemilik usaha untuk memperkenalkan produk dan berjualan tanpa dikenakan beban biaya. Biasanya bazaar diselenggarakan di ruang publik, seperti sepajang jalan TIM, Monas, GOR dan kantor pemerintah juga.

Bagi yang tidak bermasalah dengan biaya stand yang tidak terlalu tinggi dapat mengikuti berdasarkan informasi yang diperoleh melalui komunitas bazaar atau yang lainnya. Biasanya bazaar yang tidak terlalu mahal biayanya diselenggarakan di perusahaan-perusahaan swasta maupun kantor pemerintahan yang dikelola oleh Event Organizer.

Biaya yang perlu disiapkan untuk membayar stand bazaar adalah per event, misalnya Event Kemerdekaan, dibuka stand selama 3 (tiga) hari, maka harga yang dibuka biasanya mulai dari 1.5 juta hingga 5 juta. Pada kantor pemerintahan biasanya hanya 1.5 juta hingga 3 juta untuk 3 (tiga) hari. Sedangkan diperkantoran swasta seperti UOB sekitar 2.5 juta hingga 5 juta untuk 3 (tiga) hari dan Sampoerna mulai dari 8 juta selama 5 (lima) hari.

Semua bervariatif sesuai ukuran stand dan produk serta negosiasi dengan pihak Eevent Organizer. Perlu bernegosiasi untuk mendapatkan potongan harga. Untuk mendapatkan informasi mengenai Bazaar tersebut dengan mudah, dianjurkan untuk pemilik bisnis untuk bergabung dalam komunitas bazzar seperti BOS. Komunitas bazaar yang memberikan informasi mengenai kegiatan bazaar di Jakarta.

Bagi pemilik bisnis yang tidak masalah sama sekali dengan biaya pameran, dapat mengikuti kegiatan pameran besar seperti yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Balai Sarbini, Pekan Raya Jakarta (PRJ), Gelora Bung Karno dan sebagainya. Tentu perlu disiapkan juga produk, harga, konsep stand, dan pelayanan yang sesuai dengan masket yang diperkirakan akan hadir pada pameran tersebut.

Dengan ikut serta pada acara bazaar, seperti sebuah pepatah ‘sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Jadi tidak hanya manfaat penjualan yang kita peroleh tetapi juga manfaat promosi untuk mendapatkan jangkauan konsumen yang lebih luas. Biaya stand dapat dianggap sebagai biaya promosi atau pemasaran. Berikan harga khusus pada saat di bazaar sehingga konsumen akan menanti kedatangan bisnis kita dalam bazaar yang akan datang. Dan juga dapat menghubungi kembali karena merasakan puas baik layanan, produk maupun harganya.

Bagi pelaku bisnis jangan ragu untuk memanfaatkan kesempatan memasarkan produk bisnis dalam bazaar. Raih jangkauan pasar yang luas dengan cara yang mendatangkan multi manfaat. Ikut sertakan bisnis dalam komunitas agar tetap terhubung dengan kegiatan Bazaar dan mendapatkan potongan harga serta keuntungan lain yang diperoleh dengan ikut komunitas.

Jadi mengingatkan kembali yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan pelaksanaan bazaar adalah  informasi mengenai pelaksanaan bazaar, mulai dari tempat, waktu, tema, penyelenggara atau EO, biaya yang dikenakan, kemudian tentukan konsep stand bazaar disesuaikan dengan tema, tempat dan waktu pelaksanaan bazaar, selain itu perlengkapan bazaar dan terakhir adalah dana untuk pelaksanaan bazaar.

Selamat mencoba, Good Luck!

 

No Comments

    Leave a Reply