Menu
Uncategorized

Pentingnya Komunitas Dalam Membangun Jaringan Bisnis

Jaringan Bisnis

Bisnis selalu membutuhkan jaringan, seperti halnya kehidupan sosial. Karena bisnis tidak lepas dari interaksi dengan banyak pihak. Bisnis tidak bisa berjalan sendiri, tanpa konsumen, pemasok, pesaing dan reIasi bisnis lainnya. Interaksi dari berbagai pihak yang saling berkaitan dengan bisnis dapat dikatakan jaringan bisnis. Bisnis dapat tumbuh dan berkembang dengan adanya jaringan yang baik. Interaksi dengan berbagai pihak perlu dibagun dengan baik. Dengan jaringan bisnis yang terbangun secara baik, tentu memberikan kontribusi yang positif bagi bisnis.

Komunitas

Salah satu cara membangun jaringan dalam bisnis adalah dengan ikut serta atau membuat suatu komunitas. Komunitas merupakan kumpulan banyak orang yang terhimpun karena suatu kesamaan. Misalnya dalam hal persamaan profesi, ada komunitas pengacara, pustakawan, akuntan, pengusaha dan lainnya. Komunitas dengan kesamaan hobby, ada komunitas bunga, dekorasi, DIY dan masih banyak lagi. Komunitas berfungsi untuk menghimpun anggotanya yang memiliki kesamaan tertentu berkumpul, saling berbagi informasi, interaksi dan bekerja sama.

Dalam komunitas sering dijumpai banyak peluang, karena banyaknya informasi yang dibagikan. Saling bekerjasama secara simbiosis mutualis. Intinya, dengan bergabung  atau membentuk suatu komunitas, akan menambah pertemanan, peluang kerjasama dan manfaat lainnya. Dalam bisnis memiliki komunitas bertujuan untuk memiliki jaringan customer yang loyal terhadap bisnis. Informasi dalam komunitas dapat berisi mengenai informasi terbaru mengenai harga, produk, pengetahuan umum dan sebagainya.

Bagaimana Komunitas Bekerja Dalam Membangun Jaringan Bisnis

Sebelumnya telah dibahas mengenai manfaat komunitas terhadap bisnis. Sangat positif, namun yang menjadi pertanyaan kemudian bagi para pelaku bisnis adalah, bagaimana itu dapat bekerja atau membuahkan hasil dalam hal ini terkait dengan membangun jaringan bisnis. Terlebih dahulu persamaan persepsi mengenai komunitas sudah diuraikan diatas, dan mengenai jaringan bisnis juga sudah dijelaskan. Selanjutnya adalah mengenai cara kerja komunitas dalam mendukung bisnis.

  1. Komunitas adalah sarana keterhubungan

komunitas memungkinkan anggota saling terhubung. Menyambung silaturahmi dan saling berkenalan. Menghubungkan banyak anggota yang semula tidak saling kenal, kemudian berkenalan, berbagi informasi dan kepedulian. Sampai akhirnya menghubungkan untuk saling bekerjasama. Semula pelaku bisnis tidak memiliki teman sesama bisnis, dengan ikut serta atau join ke dalam komunitas akhirnya memiliki relasi bisnis.

Saling berkomunikasi tentang berbagai hal, terutama sekali seputar bisnis jika komunitas adalah komunitas bisnis. Ketika sebelumnya terbatas dalam mengerjakan project bisnis bahkan melepas kesempatan karena tidak adanya dukungan dari relasi. Dengan komunitas dapat berbagi mengenai keterbatasan yang dialami. Bisa saling menghubungkan, misalnya keterbatasan dalam project pembagunan caffe karena client menginginkan design interior sekaligus padahal hanya ahli dalam bisnis konstruksi. Hal ini bisa dikomunikasikan dan dibagikan dalam komunitas, kemungkinan besar mendapatkan relasi yang sesuai dalam komunitas tersebut. Tanpa harus mencari bersusah payah.

  1. Komunitas memberikan banyak informasi

Anggota komunitas biasanya saling berbagi informasi mengenai banyak hal terutama mengenai bisnis. Saling bertukar informasi sangat biasa terjadi. Kepedulian antar sesama anggota komunitas juga terjadi dengan membantu memberikan informasi yang dibutuhkan. Ikut komunitas dijamin tidak akan tertinggal informasi terbaru mengenai dunia bisnis. (Jika komunitas yang dimaksud adalah komunitas bisnis).

  1. Komunitas membawa banyak peluang

Dengan informasi yang tersebar, jenis bisnis dari anggota komunitas tentu sangat berpotensi mendatangkan peluang yang sangat besar. Potensi kerjasama dan mendapatkan bisnis sangat besar jika aktif dalam komunitas. Rajin menyapa anggota komunitas, agar mendapat peluang-peluang lebih banyak.

Jelas bahwa komunitas sangat memiliki kontribusi dalam membangun dan mengembangkan jaringan bisnis. Memperluas jangkauan pasar dan kesempatan dalam berbisnis. Komunitas berfungsi dengan optimal dengan keaktifan para anggotanya.

Bagaimana komunitas dapat berjalan dalam bisnis seperti uraian di atas, tentu sangat menginspirasi bagi pelaku bisnis untuk membuat komunitas khusus pelanggan. Hal ini bertujuan untuk membuat pelanggan terus loyal dan setia terhadap produk bisnis yang dimiliki. Satu komunitas memberikan segudang manfaat, bagaimana dengan beberapa komunitas, tetapi tidak disarankan terlalu banyak juga karena khawatir tidak fokus. Bagaimana langkah membuat komunitas khusus pelanggan dalam bisnis?

Pelaku bisnis tentu memiliki data pelanggan, yang diperoleh baik di platform media sosial seperti instagram, facebook, whatsapp dan sebagainya. Himpun pelanggan dalam komunitas, seperti halnya fans pada pemain band ternama. Mereka mengikat fans dalam bentuk komunitas yang sangat mendukung aktivitas dan karya mereka. Seperti Group Band Nidji memiliki komunitas fans mereka dengan nama Nidji Holic. Para fans sangat aktif mengikuti rangkaian kegiatan Group Band tersebut. Mendukung karya dan kegiatan lain yang dibuat.

Keberadaan fans sangat mendorong para anggota group band untuk terus berkarya lebih baik karena ada apresiasi dari para fans. Begitu pula hal nya dalam bisnis. dengan adanya pelanggan yang selalu setia, mendorong pelaku bisnis untuk terus berproduksi memberikan yang terbaik. Melakukan pengembangan produk dan sebagainya.

Setelah mendapatkan data dan informasi pelanggan dari berbagai platform media sosial, buat sebuah group berdasarkan masing-masing platform tersebut. Tidak bisa digabungkan karena tidak semua anggota menggunakan platform yang sama dalam aktivitas sosialnya. Setelah dibuat group atau komunitas, rajin-rajin melakukan upload informasi seputar produk. Tidak hanya itu, informasi lain juga dibutuhkan misalnya informasi umum dan terkini mengenai keadaan sekitar.

Buat program rutin yang ditunggu-tunggu kehadirannya oleh anggota komunitas. Misalnya kuis yang berisi pertanyaan dan pembagian hadiah berupa produk atau lainnya. Kemudian program give away, tentu sangat ditunggu oleh pelanggan. Intinya acara menarik pelanggan untuk hadir dalam acara komunitas baik online maupun hadir secara langsung.

Pemberian rewards terhadap pelanggan yang setia dengan membuat syarat dan ketentuan program, hal ini mendorong pelanggan untuk ikut serta aktif. Karena merasa dihargai dengan adanya program tersebut. Memberikan rangkaian program kegiatan yang aktif sangat menentukan tingkat loyalitas pelanggan terhadap bisnis.

Oleh karena itu himpunlah pelanggan dalam ikatan komunitas dengan berbagai rangkaian kegiatan yang aktif, informasi yang bermanfaat, diskusi interaktif dan peluang-peluang positif lainnya. Manfaatkan keuntungan atau manfaat komunitas dengan cara yang tepat. Sehingga komunitas dapat memberikan kontribusi positif dalam membangun dan mengembangkan jaringan bisnis. Dengan jaringan bisnis yang luas, tentu membawa keuntungan tersendiri bagi bisnis.

Selamat bergabung dalam komunitas. Selamat membangun komunitas. Simbiosis mutualis adalah kata yang tepat dalam membangun dan mengembangkan komunitas. Hindari menguntungkan pihak tertentu atau ada pihak yang dirugikan. Sebarkan sesuatu yang positif, sehingga dapat menularkan aura yang positif bagi seluruh anggota komunitas.

Kedepankan kepentingan bersama jangan terlalu berorientasi sepihak dalam komunitas. Karena ego sentris tidak akan diterima dalam komunitas. Bangun kedekatan emosional melalui program tersebut diatas antara pelaku bisnis dengan pelanggan. Penghargaan sangat memberikan emosi positif kepada pelanggan. Jaga komunitas dengan terus komunikasi aktif setiap hari. Rajinlah melakukan update menyapa anggota komunitas. Jika perlu sediakan admin khusus untuk mengelola kegiatan komunitas.

No Comments

    Leave a Reply