Menu
Uncategorized

Membangun Kepercayaan Bisnis

jabat tangan

Sumber : https://lnwlegal.com/business-law/

Sebagian besar dari masyarakat dalam melakukan penentuan produk yang akan dipilih dan dibeli serta dikonsumsi adalah merek. Bagaimana merek begitu kuat masuk ke dalam persepsi masyarakat mengenai suatu produk. Tentu bukan hanya sekedar merek, ada hal lain yang juga dibangun oleh pemilik bisnis merek produk tersebut.  Merek bisnis tersebut sudah membangun kepercayaan terhadap masyarakat mengenai produknya.

Jadi ketika ada berbagai merek lainnya dengan produk yang sama, masyarakat tidak akan mengalihkan perhatian dan pilihannya. Meskipun berbagai tawaran menarik menghampiri masyarakat, misalnya saja harga yang lebih murah, ada promo pembelian satu memperoleh gratis satu dan sebagainya. Kepercayaan yang dimaksud adalah segala upaya untuk meyakinkan masyarakat bahwa produk yang ditawarkan adalah produk dengan kualitas terbaik, begitu juga dengan bahan baku, manfaat, dan pelayanan.

Dalam membangun kepercayaan, berbagai strategi dilakukan guna meminimalisir kekurangan yang berdampak pada kekecewaan masyarakat. Bagaimana langkah membangun kepercayaan dalam bisnis kepada masyarakat? Berikut merupakan beberapa langkah dimaksud.

Perhatikan kebutuhan masyarakat

Kebutuhan adalah hal dasar dari masyarakat dalam hal konsumsi. Jika kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi dengan tawaran produk yang sesuai, maka masyarakat akan mempercayakan pilihannya kepada produk tersebut. Sebagai contoh, aktivitas masyarakat saat ini semakin kompleks, banyak kesibukan dan sedikit waktu untuk dapat melakukan pekerjaan rumah. Ditambah wanita sebagai ibu juga banyak yang bekerja di ranah publik. Sehingga waktu untuk menyiapkan masakan sangat terbatas.

Melihat peluang kebutuhan akan waktu yang terbatas, dapat digunakan dengan memproduksi produk yang cepat saji atau instant. Seperti mie instant, bumbu instant, bubur instant, sarapan instant dan sebagainya. Tawaran akan pemenuhan kebutuhan inilah yang akan disambut oleh masyarakat. Dengan demikian, terbangun kepercayaan di tengah masyarakat bahwa bisnis A mampu memproduksi sesuai dengan kebutuhan.

Kebutuhan masyarakat yang saat ini cenderung melakukan pembelian secara online, tidak langsung datang ke toko fisik juga perlu untuk direspon sebagai salah satu peluang membangun kepercayaan juga. Misalnya bekerjasama dengan perusahaan aplikasi kebutuhan sehari-hari seperti Gojek yang menyediakan jasa Go-Shop, Gom-Mart, Go-Daily untuk mendaftarkan produk bisnis. Atau dari perusahaan juga langsung menyediakan layanan pesan antar melalui aplikasi yang dibangun sendiri.

Memanjakan kebutuhan masyarakat sama halnya dengan memberikan perhatian penuh sehingga ketika apa yang menjadi kebutuhannya diperhatikan, dipenuhi dengan baik, lalu apa yang dapat membuat hati masyarakat atau pelanggan untuk berpindah. Mereka sudah percaya dan nyaman akan upaya yang telah dilakukan.

Tetapkan jenis produk yang khas

Lanjut dengan contoh diatas, ketika sudah memahami kebutuhan dari masyarakat yang serba instant, maka tetapkan binis kedalam produksi produk serba instan. Hal ini merupakan ciri khas yang dibangun. Dengan demikian masyarakat akan percayakan produk instan kepada produk bisnis tersebut. Bisa ditetapkan berbagai jenis produk misalnya untuk makanan, minumam, bumbu masak, dan lainnya.

Instan merupakan ciri khas dari produk yang dibuat, untuk itu bangun citra melalui berbagai media promosi mengenai kekhasan tersebut. Buat slogan yang mudah diingat misalnya, ‘Ada Kami Untuk Kamu yang Ga Sempat’ atau ‘Instan? Kami Ahlinya’ dan sebagainya.

Pengembangan produk

Terus lakukan pengembangan produk dengan melakukan penelitian atau analisa terhadap pasar. Perilaku konsumen dalam keseharian merupakan indikator penting sebagai dasar penentuan pengembangan produk. Jangan puas dengan satu jenis produk, kembangkan agar dapat menjaring kebutuhan masyarakat secara luas. Seperti penjelasan diatas bahwa tidak hanya makan saja, tetapi bumbu masakan dan minuman. Kembangkan baik dalam kemasan, kemudahan masyarakat mengkonsumsi dan penyajiannya.

Pengembangan produk diharapkan dapat meraih jangkauan pasar yang lebih luas dan memuaskan. Sehingga membuat masyarakat yakin akan kesungguhan pilihan mereka, karena banyak orang yang mengkonsumsi dan menggunakan. Pahami terus perubahan perilaku dan kebutuhan masyarakat sebagai sasaran dari bisnis.

Lakukan diversifikasi bisnis

Perluasan bisnis yang dimaksud adalah seperti membuka resto atau rumah makan yang khusus menyajikan produk, jadi masyarakat yang sama sekali sulit untuk membuat dan menyajikan karena kendala waktu. Bisa datang atau menggunakan layanan pesan antar. Semakin menguatkan kepercayaan akan bisnis yang memang benar-benar memenuhi kebutuhan mereka.

Selain itu bisa juga menyediakan aplikasi pintar sehari-hari yang dapat memenuhi kebutuhan harian dengan produk yang dimiliki bisnis. Selain memproduksi juga menyediakan jasa layanan pesan antar milik sendiri. Alangkah menyenangkan dan memudahkan bisnis dalam pemasaran dan distribusi. Sekali berupaya, banyak hasil yang didapat.

Berikan layanan yang terbaik

Layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Seperti bahan baku yang baik, pengemasan yang menarik, pengolahan yang higienis, dan lainnya yang semakin membuat masyarakat percaya akan kesungguhan bisnis. Layanan menyajikan dan menerima pesan antar juga merupakan dalam rangka membangun kepercayaan.

Ikut serta dalam kegiatan amal dan sosial

Keikutsertaan bisnis dalam kegiatan sosial dan amal sangat tinggi membangun tingkat kepercayaan masyarakat. Kepedulian dianggap sebagai sebuah perhatian dan bentuk empati sehingga dapat menyentuh masyarakat dari sisi emosional yang positif. Ikut serta dalam kegiatan sosial dapat terlihat dalam kegiatan kerja bakti, bisnis memberikan dukungannya dalam berbagai hal, apakah dalam bentuk dana maupun produk. Sebagai sponsor dalam kegiatan masyarakat seperti kegiatan olahraga, pentas seni dan lainnya.

Dalam kegiatan amal, perusahaan bisnis dapat ikut secara rutin. Untuk tetap membangun kedekatan dengan masyarakat secara psikologis. Selain itu memberikan manfaat terbaik di tengah masyarakat. Hal ini akan berdampak pada bisnis, sebuah dukungan kuat dalam menjalankan roda bisnis. Jadi ikut serta dalam berbagai kegiatan tersebut sangat penting membangun kepercayaan bisnis di tengah masyarakat. Tidak hanya memenangkan hati masyarakat tetapi juga otomatis akan memenangkan pasar apapun kondisinya.

Sering sekali perusahaan bisnis dengan skala besar menjalankan CSR nya sebagai bentuk tanggungjawab sosial mereka terhadap masyarakat yang sudah mendukung kegiatan dan kelancaran bisnisnya. Seperti menepak air, maka percikan akan mengena wajah sendiri. Begitulah kira kira perumpamaannya. Berbuat sesuatu yang bermanfaat maka akan menuai hasil yang baik untuk diri perusahaan.

Raih prestasi dalam bisnis

Dalam bisnis beragam penghargaan tersedia seperti misalnya rewards sebagai perusahaan bisnis dengan layanan terbaik kepada pelanggan, perusahaan bisnis dengan penjualan terbesar dan masih banyak lagi lainnya. Jangan anggap remeh prestasi, ini adalah hasil dari kerja keras bisnis yang juga memberikan dampak atau pengaruh yang luar biasa terhadap bisnis, yaitu kepercayaan.

Tidak sekedar kerja keras, tetapi juga kerja cerdas yang dapat mengantarkan kesuksesan bisnis. Namun itu semua percuma jika tidak didukung oleh kepercayaan masyarakat terhadap bisnis. Bangun kepercayaan dan tuai hasil maksimal dari bisnis.

Jangan pernah berkata sudah terlambat, bisnis sudah berjalan. Tidak ada yang terlambat. Upaya membangun kepercayaan adalah sebuah keharusan dalam bisnis. Upayakan langkah diatas secara bertahap sambil tetap melakukan bisnis yang sudah berjalan. Jangan sia-siakan kesempatan yang datang terus pada bisnis. Layani dengan melakukan yang terbaik. Hasil akan mengikuti segala upaya terbaik.

No Comments

    Leave a Reply