Menu
Uncategorized

Market Place, Efisien Mengelola Bisnis!

Perkembangan teknologi membawa pengaruh terhadap perilaku masyarakat dalam berbelanja. Dengan demikian, pelaku bisnis juga dipaksa untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan perubahan. Jika tidak ingin tertinggal dan ditinggalkan oleh pasar. Kecenderungan masyarakat saat ini dalam memperoleh barang dan jasa adalah secara online. Hal ini dipengaruhi aktivitas masyarakat yang kompleks, waktu yang terbatas dan yang pasti tersedianya sarana untuk berbelanja secara online.

Market Place merupakan sebuah sarana bagi pelaku bisnis menjalankan bisnisnya secara online. Market Place menyediakan beragam fasilitas bagi para penjual dan pembeli atau konsumen dan pemilik bisnis. Fasilitas inilah yang memudahkan kedua belah pihak dalam melakukan transaksi sesuai kebutuhan mereka. Pelaku bisnis dimudahkan dalam menjual produk dan jasanya, di sisi lain konsumen juga dimudahkan dalam melakukan pembelian. Karena beragam pilihan yang dapat mereka temui disana, begitu juga dengan penjual, potensi jangkauan pembeli sangat luas.

Banyaknya market place yang tersedia, tentu sangat menyenangkan baik penjual maupun pembeli. Ada Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, JD.Id, dan masih banyak lagi. Bagi pelaku bisnis, ini adalah peluang untuk mempermudah menjangkau konsumen dan pengelolaan bisnis. Dalam market place tersedia menu berbeda untuk satu akun, apakah sebagai penjual atau pembeli. Keduanya bisa diaktifkan secara bersamaan. Ini berguna ketika akan melakukan pembelian tidak perlu repot membuka akun atau ketika ingin menjual produk tidak perlu repot membuka akun lagi.

Apa saja yang ditawarkan oleh market place sehingga masyarakat beralih melakukan kegiatan belanja? Berikut adalah beragam keuntungan yang dapat diperoleh bagi pelaku bisnis dan konsumen.

Beragam pilihan produk dan penyedia (toko)

Hal ini yang membedakan dengan berbelanja secara fisik ke toko. Dengan market place, konsumen dapat berselancar pada satu tempat atau satu market place dengan jumlah yang sangat beragam dan pastinya banyak penyedia juga yang menjual. Pencarian terhadap satu produk, konsumen dapat menemukan beragam pilihan jenis dan toko yang menyediakan. Tanpa perlu pergi dari toko satu ke toko lainnya melakukan perbandingan. Tentu sangat melelahkan bukan, ditambah waktu yang terbuang banyak untuk itu, sungguh tidak efisien.

Beragam pilihan harga

Harga untuk satu produk yang sama sangat bervariatif dan kompetitif. Sehingga konsumen dapat melekukan perbandingan terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan dan berbelanja. Dapat menyesuaikan kantong atau anggaran yang tersedia.

Tersedia fitur review dari konsumen

Bagi konsumen yang cerdas, sebelum berbelanja pasti akan memperhatikan tinjauan dari konsumen yang terdahulu sudah melakukan pembelian pada toko yang hendak dituju. Performa toko sangat penting menjadi pertimbangan untuk membeli.

Tersedia banyak sale, potongan harga dan reward

Banyak toko yang meraih hati konsumen dengan memberikan potongan harga maupun sale terhadap barang-barang yang dipikir perlu untuk di-sale. Banyak juga rewards berupa cashback dan lainnya yang sangat menguntungkan bagi pembeli.

Tersedia pengiriman gratis

Dari sisi penjual atau pelaku bisnis, market place memiliki peran tersendiri dalam mendukung aktivitas bisnis, sebagai berikut :

Katalisator pengembangan bisnis

Katalisator adalah sarana mempercepat, artinya market place membantu mempercepat dalam pengembangan bisnis. Bagaimana tidak, market place tidak hanya sekedar tempat menjual tetapi juga dapat bermanfaat sebagai media promosi bisnis. Selain itu juga dapat menjangkau market secara luas. Berbeda kondisinya jika toko talk atau toko fisik, perlu usaha promosi yang ekstra dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Jika upaya ini tidak dilakukan maka jangkauan pasar hanya sekitar lokasi toko saja.

Sarana mengelola bisnis

Bagi pelaku bisnis, kegiatan pengelolaan bisnis dapat dilakukan secara manual tertulis maupun dengan bantuan software. Market place sangat memanjakan penjual atau pelaku bisnis dalam melakukan hal tersebut. Apa saja yang disediakan oleh market place sehingga dapat dikatakan sebagai sarana mengelola bisnis?

  • Ada fitur chat atau percakapan

Memudahkan pelaku bisnis dalam memberikan pelayanan kepada konsumen dan memberikan informasi dengan lebih lengkap. Dari fitur ini pelaku bisnis dapat mengelola kegiatan pelayanan kepada konsumen.

  • Ada fitur produk

Melalui fitur ini pelaku bisnis dapat mengelola display produk dan juga melakukan pengaturan terhadap produk. Pelaku bisnis dapat mengelola produk dengan baik, seperti melengkapi dengan deskripsi yang lengkap sehingga informasi dapat tersampaikan dengan baik kepada konsumen. Kelengkapan detail produk dapat diatur pada fitur ini.

Pelaku bisnis juga dapat mengetahui stock yang tersedia tanpa harus menghitungnya terlebih dahulu. Karena sudah otomatis tampil ketika melakukan upload dan pengaturan stock yang tersedia. Sangat efisien dan membantu stock opname produk

  • Fitur pengaturan bisnis naik kelas

Penawaran bagi pelaku bisnis yang ingin meng-upgrade bisnisnya atau naik kelas, menjadi bisnis dengan power merchant misalnya. Fitur ini menungkinkan pelaku bisnis untuk mengelola toko dengan fitur eksklusif. Tentu berbayar sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Dalam fitur ini terdapat topads yang dapat mengatur dan melihat promo-promo yang diberikan oleh toko pelaku bisnis kepada konsumen. Selain itu terdapat juga pusat edukasi penjual, bagaimana mendapatkan inspirasi berjualan dan pendidikan seputar berjualan. Ini meningkatkan wawasan dan kapasitas bagi para penjual tentunya.

  • Fitur Penjualan

Fitur ini membantu mengatur penjual memantau pengiriman produk pesanan konsumen. Fitur ini memberitahu penjual jika ada pembelian baru, kemudian kita dapat memberikan informasi kepada pembeli bahwa barang siap dikirim, sedang dikirim. Dan masing-masing baik pembeli dan penjual mendapat informasi posisi barang apakah sudah sampai atau belum.

Dalam fitur ini penjual juga dapat melakukan complain misalnya terkait penjualan, pengiriman, pembayaran dan lainnya.

  • Fitur Saldo

Menampilkan saldo yang dimiliki oleh penjual berdasaran hasil transaksi jual beli dengan konsumen. Dari sini juga penjual dapat mengetahui apakah pembayaran sudah masuk atau belum, dan mengetahui jumlah saldo yang tersedia.

  • Fitr Riwayat Transaksi

Fitur ini menyediakan riwayat transaksi jual beli berdasarkan periode yang diinginkan. Selain itu juga terdapat pengembalian dana atau refund dan penghasilan bisnis.

Tunggu apalagi, bagi pelaku bisnis yang memiliki produk dan jasa, gunakan market place sebagai sarana mengelola bisnis secara efisien dan mudah. Seolah bisnis dalam genggaman! Tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk melakukan pemasaran atau promosi, karena sudah ada fitur yang menyediakan.

Tidak perlu software untuk mengelola transaksi bisnis dan penghasilan bisnis. sudah ada fitur yang disediakan, tinggal melakukan pemantauan. Jika dirasa perlu, bisa dilakukan pembukuan tersendiri, sesuai dengan kebutuhan bisnis. jika bisa efisien mengapa harus dibuat semakin kompleks. Setuju?

Kegiatan pengecekan produk atau yang biasa disebut dengan stock opname juga tidak perlu dilakukan secara manual, karena sudah ada ftur yang disediakan. Lengkap bukan, jadi jangan ragu untuk mengikuti perkembangan. Belajar jika tidak ingin tertinggal dan ditinggal oleh pasar. Manfaatkan teknologi, bisnis menjadi mudah, dan seperti dalam genggaman.

Selamat mencoba, good luck!

No Comments

    Leave a Reply