Menu
Uncategorized

Beragam Metode Pembayaran Dalam Bisnis

Pelanggan seringkali menanyakan metode pembayaran ketika akan melakukan pembelian. Apakah bisa melalui e-wallet, credit card, debit bank A-Z, minimarket seperti Alfamart dan sebagainya. Tentu membawa inspirasi tersendiri bagi pelaku bisnis. Hal ini dapat dijadikan salah satu strategi dalam menarik konsumen untuk menjadi pelanggan dengan penyediaan berbagai metode pembayaran. Pertimbangan pelangan menanyakan metode pembayaran adalah :

  • Mempermudah transaksi pembayaran sesuai dengan alat pembayaran yang dimiliki. Tidak memerlukan banyak tahapan, langsung melakukan pembayaran ke akun milik pemilik bisnis.
  • Mempercepat proses pembayaran jika ada kesamaan alat pembayaran baik pelanggan maupun pelaku bisnis. Kesamaan metode atau alat pembayaran mempercepat proses pembayaran dan transaksi bisnis. Terkadang jika antar bank dan tidak online akan memakan waktu sampai dengan tiga hari.
  • Tidak menginginkan adanya biaya administrasi karena perbedaan alat pembayaran. Misalnya pelanggan hanya memiliki akun pada salah satu bank, Bank Mandiri, tetapi pemilik bisnis tidak memiliki akun atau rekening di bank tersebut. Tentu pelanggan akan dikenakan biaya tambahan mulai dari empat ribu hingga enam ribu lima ratus rupiah. Terlalu membebani pelanggan, membeli sekaligus membayar biaya tambahan administrasi transfer antar bank

Metode pembayaran yang beragam penting disediakan oleh pelaku bisnis, baik tokotalk atau terlebih memiliki layanan online shop atau toko di market place. Dari sisi pemilik bisnis beragamnya metode pembayaran dalam transaksi bisnis membawa pengaruh tersendiri, yaitu :

  • Sebagai tantangan untuk dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan dalam melakukan pembayaran dengan cepat, tanpa biaya dan memuaskan.
  • Sebagai peluang untuk dapat memanjakan para pelanggan dengan memberikan kemudahan dan tetap setia melakukan transaksi pada bisnisnya.
  • Sebagai strategi baru menjangkau konsumen yang lebih luas dengan tawaran beragam metode pembayaran.

Apa saja metode pembayaran yang penting dipertimbangkan bahkan direkomendasikan untuk dimiliki oleh pelaku bisnis? Mulai dari transaksi fisik di ATM hingga elektronik atau yang disebut dengan e-wallet. Berikut merupakan berbagai jenis metode pembayaran tersebut :

  • Transfer ke rekening pribadi atau perusahaan bisnis atau ke market place

Pemilik bisnis disarankan untuk memiliki berbagai rekening bisnis pada beberapa bank yang sering digunakan pelanggan terutama, seperti BCA, Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga, BTN, Muamalat, BJB atau Bank Daerah, Danamon, Permata, Maybank, UOB, DBS dan sebagainya. Pikirkan juga biaya administrasi bank setiap bulan, untuk itu pertimbangkan pembukaan rekening yang sering digunakan oleh pelanggan.

  • Kartu Kredit/Kartu Debit

Menyediakan layanan pembayaran menggunakan kartu kredit dan debit. Silahkan pilih kartu kredit dan debit apa yang akan digunakan bagi pelanggan. Ada VISA, Martercard, American Ekspress, dan sebagainya.

  • Virtual Account

Menyediakan virtual account yang merupakan rekening virtual berisikan nomor ID pelanggan yang dibuat Bank berdasarkan permintaan perusahaan untuk melakukan transaksi bisnis. Pada setiap transaksi pelanggan akan mendapatkan satu nomor ID Virtual Account. Akun virtual ini mempermudah proses pembayaran karena setiap transaksi atau setiap pelanggan akan mendapatkan satu nomor rekening virtual yang unik dan proses konfirmasi pembayaran akan berlangsung otomatis. Semua bank sepertinya saat ini dapat memberikan akun virtual sesuai permintaan pelaku bisnis. Seperti BCA dengan BCA Virtual Account, BRI dengan BRIVA dan lainnya.

  • Minimarket

Menyediakan pembayaran di minimarket seperti alfamart, Indomaret, untuk memudahkan pelanggan yang tidak memiliki rekening di bank, e-wallet, dapat melakukan pembayaran tunai di minimarket.

  • E-Wallet

Dompet elektronik saat ini sedang marak di tengah masyarakat kita seiring dengan perubahan kebiasaan masyarakat dalam berbelanja yang lebih cenderung online. Ada OVO, Gopay, LinkAja, Paypal, DANA, dan masih banyak yang lain.

Salah satu metode pembayaran yang saat ini mulai marak adalah dengan menggunakan Paypal, terlebih jika pelanggan berada di luar negeri. Untuk itu penting untuk memahami mengenai metode pambayaran yang satu ini. Karena berbeda dengan e-wallet yang lain hanya perlu melakukan install pada aplikasi, Paypal ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan.

Sering kita dapati pertanyaan mengenai metode pembayaran pada transaksi bisnis online, salah satunya adalah Paypal. Karena tidak menggunakan metode pembarayan tersebut akhirnya sering kali kita merasa cuek dan mengabaikannya. Hingga suatu saat dihadapkan pada customer atau client yang menyebutkan untuk melakukan pembayaran melalui Paypal. Tenang Bro, Sis ngga perlu panik, beberapa hal yang perlu kalian lakukan untuk paham tentang Paypal, mudah banget cukup berselancar ke website Paypal, kamu bisa klik disini. Kalian bisa temukan banyak informasi mengenai Paypal disini lebih banyak.

Selain itu kalian juga bisa membaca artikel saya mengenai Paypal, berdasarkan pengalaman saya selaku orang yang juga menjalani bisnis online. Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa Paypal merupakan salah satu metode pembayaran online yang sangat mudah, praktis dan simple. Rekening yang kita miliki adalah rekening virtual yang dapat digunakan untuk melakukan transfer dan pembayaran secara online. Paypal punya jaringan yang sangat luas, digunakan secara global, sudah banyak negara yang melakukan transaksi menggunakan Paypal.

Bagi para pelaku bisnis online yang memiliki market hingga ke luar negeri, Paypal sangat mudah untuk menerima pembayaran. Bagi pembeli dari negara yang sama pun dapat menggunakan Paypal untuk pembelian. Bagi para freelancer yang biasa menjalankan pekerjaan sebagai surveyor, mengetik captcha dan sebagainya, biasa sekali menggunakan Paypal untuk menerima pembayaran mereka. Nah bagi kalian yang baru saja ingin membuka rekening pada Paypal, saya akan coba berbagi mengenai bagaimana caranya.

Pertama, kunjungi website Paypal, kemudian pada pojok atas sebelah kanan ada informasi sign up, klik pada bagian ini, atau langsung saja klik disini.

paypal

Kedua, setelah klik sign up akan ada informasi yang bersifat pilihan. Bagi pelaku bisnis perorangan dan tidak memiliki perusahaan, sebaiknya pilih Buy With Paypal yang memungkinkan personal untuk melakukan pembelian online (For people who primarily want to buy online). Namun jangan khawatir karena selain pembelian kita juga bisa melakukan penerimaan pembayaran. Bagi para freelancer pengisi survey dan pengetik captcha juga bisa memilih menu ini. Kemudian klik get started.

daftar

Ketiga, isi data mengenai negara asal, nama lengkap, alamat email dan password. Kemudian pilih next. 

isi

Keempat, kamu sudah dapat masuk kedalam akun Paypal kamu. Ada beberapa konfirmasi yang diminta, pertama konfirmasi nomor telepon atau handphone, kemudian konfirmasi email, konfirmasi rekening pada bank dan terakhir adalah konfirmasi kartu kredit yang kamu punya. Untuk kartu kredit dapat dilakukan nanti jika kamu tidak memiliki kartu kredit. Pada bagian konfirmasi nomor telepon, tinggal masukkan nomor telepon yang digunakan dan akan dikirimkan code yang akan diisi. Kemudian untuk konfirmasi e-mail, cek e-mail yang sudah digunakan pada saat pendaftaran, dan “klik untuk mengaktivasi rekening Anda”.

email

Untuk konfirmasi bank, kamu diminta untuk menginformasikan rekening Bank yang kamu miliki, misalnya bank BRI, nomor rekening dan nama yang sesuai dengan identitas kamu. Sedangkan konfirmasi mengenai kartu kredit, informasi yang diminta adalah jenis kartu kredit kamu, nomor kartu kredit, tahun kadaluarsa kartu, dan kode otorisasi yang terdapat dibelakang kartu kredit kamu. Setelah selesai, kamu diminta memasukkan kode yang dikirim oleh Bank penerbit kartu kredit tersebut, kode tersebut berupa angka sebanyak 4 digit angka. Misalnya PP*3456CODE, 4 digit angka tersebut yang dimasukkan kedalam konfirmasi kode. Akan ada notifikasi berupa transaksi sebesar USD 1,95 pada kartu kredit kamu, yang nantinya jika sudah terverifikasi akan masuk pada saldo paypal kamu.

Begini tampilan akun Paypal yang sudah dilakukan konfirmasi, tinggal menunggu verifikasi dari Paypal.

rekening

Terdapat beberapa fitur dalam rekening Paypal, seperti ringkasan yang berisi mengenai jumlah saldo, transaksi terkini, aktivitas kirim, minta dan lainnya, kemudian bank dan kartu. Mudah bukan untuk membuka rekening Paypal, yuk pelaku bisnis, kembangkan pendapatan melalui beragam pembayaran.

No Comments

    Leave a Reply